89,6 FM RSPD LEBAK

89,6 FM RSPD LEBAK
"LIFE IS BEAUTIFULL WITH ART"

Jumat, 25 Desember 2009

Laporan dari Kantor Monitoring Frekuensi Radio Banten
Pengukuran Parameter Teknis Radio Siaran di Wilayah Propinsi Banten

1. Kantor Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Banten pada tanggal 15 Mei s/d. 9 Juni 2006 telah mengadakan kegiatan pengukuran Parameter Teknis Radio Siaran di Wilayah Propinsi Banten. Kegiatan ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan spektrum frekuensi radio telah memenuhi persyaratan teknis yang ditentukan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM. 15 Tahun 2003 tentang Rencana Induk (Masterplan) Frekuensi Radio Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus untuk Keperluan Radio Siaran FM (Frequency Modulation). Adapun dasar hukum kegiatan pengukuran radio siaran adalah Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2000 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM. 15 Tahun 2003 tentang Rencana Induk (Masterplan) Frekuensi Radio Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus untuk Keperluan Radio Siaran FM.
2. Pengukuran parameter teknis dilakukan terhadap 8 (delapan) Radio Siaran Existing di wilayah Banten sedangkan 1 (satu) Radio Siaran tidak di ukur yaitu PT. Radio Bergaya Nyayian Irama S. telah pindah lokasi ke wilayah DKI Jakarta. Berikut hasil pengukuran 8 radio siaran pada :
i. Jarak 100 meter dari lokasi pemancar :


ii. Jarak 8 km dari lokasi pemancar :


3. Dari hasil pengukuran dapat disimpulkan bahwa Lebar Pita (Bandwidth) Radio Siaran rata-rata masih melebihi ketentuan yang ditetapkan, yaitu sebesar 375 kHz. Oleh karena itu Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Banten akan menindaklanjuti dengan melakukan teguran tertulis/ panggilan kepada pihak manajemen Stasiun Radio sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



Pengukuran Radio Siaran Studio Radio PBS Serang




Proses Pengukuran Mengukur Bandwidth dengan Spectrum Analyzer

(Sumber: Kuncoro Kresno, Loka Monitor Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Banten).

Tidak ada komentar: